BERITA UNIK BERITA VIRAL

10 Makanan Ini Mudah Rusak dan Basi Saat Sudah Dibuka

1. Kopi atau Teh

OPERAQQLOUNGE -Teh atau kopi yag telah di seduh harus langsung segera di simpan ke dalam kulkas rusak jika tidak ingin langsung di minum. Pasalnya dua minuman ini rentan menurun kualitasnya saat sudah jadi minuman.

“Kandungan pH yang ada pada teh atau kopi yang sudah di seduh pada suhu ruang tidak memiliki keasaman yang cukup untuk mencegah bakteri atau kuman untuk tumbuh,” kata Seymour.

2. Tepung

Tepung, terutama yang terbuat dari gandum dan biji-bijian, akan mudah rusak jika penyimpanannya salah. Gandum dan biji-bijian secara alami mengandung minyak yang bahkan mungkin masih bisa keluar ketika mereka sudah menjadi tepung.

Ketika tepung sudah mulai lembab, tepung akan menjadi sangat mudah untuk menjadi tempat pertumbuhan dan perkembangan kuman dan bakteri yang berbahaya. Tepung kemungkinan akan bertahan sekitar 6 bulan, ketika sudah melewati waktu tersebut sebaiknya jangan di gunakan lagi.

3. Saus Tomat

Sebagian besar kondimen atau pelengkap cenderung dapat bertahan lebih lama. Jika di simpan pada kulkas bahkan dapat bertahan mulai dari 6 hingga 12 bulan, termasuk saus tomat.

Saus tomat masih bisa tahan di simpan dalam kulkas bahkan setelah melewati tanggal kedaluwarsa. Hanya saja, rasanya mungkin sudah berubah dan menurun dari ketika masih segar.

4. Daging

Selain memperhatikan tanggal kedaluwarsa dan ‘baik di gunakan sebelum’, tanggal membuka kemasan juga wajib di perhatikan. Beberapa bahan makanan justru akan lebih terpengaruh kualitasnya pada tanggal setelah kemasannya di buka.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat sensitif terhadap oksigen dan udara. Kacang yang masih tertutup rapat dan di simpan di dapur mungkin akan mampu bertahan hingga 6 bulan setelah tanggal kedaluwarsa yang tercetak di kemasannya. Kacang beku bahkan mampu bertahan hingga 2 tahun.

Tetapi ketika sudah di buka, kacang tidak cukup tahan untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini di sebabkan oleh oksidasi yang di alami kacang akan dengan cepat mengubah rasanya.

6. Selai Kacang

Serupa dengan kacang, selai kacang yang tinggi lemak ini akan mudah rusak ketika sudah di buka. Kacang dan selai kacang memang memiliki karakteristik yang cukup sensitif terhadap oksidasi karena kandungan lemak di dalamnya.

Selai kacang alami hanya akan tahan selama 3 bulan pada suhu ruang dan 6 bulan di dalam kulkas. Sementara, selai kacang yang telah di proses akan tahan selama 2 tahun jika kemasannya belum di buka dan tahan 6 bulan setelah kemasannya di buka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *