BERITA UNIK BERITA VIRAL

5 Klub Inggris Yang Paling Lama Bertahan Di Divisi Utama

OPERAQQLOUNGE -Bagi klub sepak bola, meraih gelar juara tentu adalah tujuan utama. Namun, prestasi yang bisa diraih sebuah klub tentu tak sebatas trofi saja. Inggris Bisa bersaing di papan atas pun adalah kebanggaan tersendiri, atau bisa terus bertahan di divisi teratas hingga bertahun-tahun.

Di Inggris, ada sejumlah klub yang sudah bertahan di divisi teratas hingga puluhan tahun. Klub mana saja yang paling konsisten dari antara mereka? Inilah lima klub Inggris yang paling lama bertahan di divisi utama hingga saat ini.

1. Arsenal (102 tahun)

Klub Inggris yang paling lama bertahan di divisi teratas saat ini ternyata adalah Arsenal. The Gunners sudah bermain di divisi utama sejak musim 1919/20 hingga sekarang, alias sudah 102 tahun beruntun. Musim 1919/20 sendiri adalah musim pertama Liga Inggris setelah sempat tertunda selama 4 tahun gara-gara Perang Dunia I.

Uniknya, Arsenal masuk divisi utama 1919/20 melalui jalur voting. Sebelumnya mereka hanya finis di posisi kelima divisi kedua musim 1914/15, alias musim terakhir sebelum perang. Saat voting, Arsenal terpilih jadi peserta divisi utama, menyisihkan beberapa klub lain termasuk Tottenham Hotspur.

Laman Skysports menceritakan bahwa terpilihnya Arsenal juga kontroversial, bahkan disinyalir melibatkan penyuapan. Itulah salah satu faktor sejarah yang semakin memanaskan persaingan Arsenal dengan Tottenham hingga saat ini.

2. Everton (68 tahun)

Di bawah Arsenal, ada Everton yang ternyata juga sudah lama berada di divisi teratas. The Toffees terakhir kali berlaga di divisi kedua pada musim 1953/54. Setelah itu Everton promosi ke divisi utama, dan musim 2021/22 adalah musim ke-68 beruntun bagi mereka di divisi teratas.

Everton sendiri sebenarnya adalah klub dengan trofi Liga Inggris terbanyak keempat sepanjang sejarah. Dengan 9 trofi, koleksi mereka hanya kalah dari Manchester United, Liverpool, dan Arsenal. Namun mereka sudah sangat lama tak juara, alias sejak 1987. Tak heran jika Everton kini hanya dikenal sebagai klub semenjana di Inggris.

3. Liverpool (60 tahun)

Berikutnya ada Liverpool, sang tetangga Everton yang sudah bermain di divisi utama sejak 1962. Liverpool mengakhiri musim 1961/62 sebagai juara divisi kedua, sehingga promosi ke divisi utama dan sejak itu tak pernah lagi terdegradasi. Malah, The Reds langsung menjuarai divisi utama dua musim setelahnya alias musim 1963/64.

Sejak itu, Liverpool sempat sangat dominan di Liga Inggris hingga akhir 1980an dengan berkali-kali jadi juara. Memasuki era 1990an mereka mulai menurun dan bahkan sempat puasa trofi liga hingga 30 tahun. Namun kini Liverpool sudah kembali ke habitatnya sebagai salah satu klub yang selalu jadi kandidat juara tiap musimnya.

4. Manchester United (47 tahun)

Sementara Manchester United sang rival abadi Liverpool terakhir kali main di divisi kedua pada musim 1974/75. Mereka lalu jadi juara divisi kedua di musim tersebut sehingga promosi pada musim berikutnya. Maka musim ini adalah musim ke-47 beruntun bagi Setan Merah berada di divisi teratas.

MU sendiri adalah klub yang paling berjaya di masa-masa keterpurukan Liverpool. Setan Merah sangat dominan di era Premier League dengan 13 trofi sejauh ini. Sayangnya mereka kini sudah menurun dan sudah tak pernah juara liga sejak ditinggal Sir Alex Ferguson pada 2013. Kapan MU akan bangkit dan kembali menjuarai Premier League?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *